PACU KEGIATAN PROMOSI DALAM UPAYA TINGKATKAN MINAT CALON MAHASISWA PADA PRODI-PRODI DI LINGKUNGAN FAKULTAS PERTANIAN

Program Studi di Lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura, dalam kurun waktu empat tahun terakhir mengalami penurunan peminat calon mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan rasio pendaftar dan yang diterima menggambarkan tren yang kurang menggembirakan. Persoalan ini bukan hanya dialami oleh FP UTM saja, namun tren ini juga terjadi pada hampir seluruh FP di PTN maupun PTS di Indonesia. Banyaknya Fakultas Pertanian di Indonesia termasuk di Provinsi Jawa Timur, menyebabkan persaingan yang sangat tajam dalam penerimaan calon mahasiswa baru diantara FP yang ada.

Apabila menelusuri tren yang sedang berkembang di kalangan generasi milenial, maka prodi-prodi di lingkungan pertanian sesungguhnya menjadi kurang menarik dalam pandangan dan persepsi mereka. Hal ini disebabkan karena bagi mereka pertanian adalah jenis pekerjaan yang kurang menarik, harus bergelut dengan lumpur, panas, dan persepsi negative lainnya. Hal ini menjadi hal yang wajar karena mereka kurang mendapatkan penjelasan yang memadai tentang profil lulusan prodi-prodi di lingkungan Fakultas Pertanian. Generasi millennial juga banyak yang kurang memahami arti penting pertanian dalam menopang kehidupan dan keberlanjutan suatu negara.

Kondisi ini melatarbelakangi Fakultas Pertanian UTM untuk mulai melakukan kegiatan promosi ke berbagai daerah di wilayah Provinsi Jawa Timur. Sejak tahun 2023 sampai awal 2024 sudah terdapat lebih dari 110 sekolah yang didatangi untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan prodi-prodi dilingkungan FP UTM. Kegiatan Promosi tidak hanya dilakukan secara offline tetapi juga secara online melalui website, whatsapp,  media sosial instagram dan tik tok yang dikelola secara rutin. Kegiatan tersebut dilakukan dengan melibatkan banyak tenaga dosen yang telah bersedia meluangkan waktu dan tenaganya untuk berpartisipasi dalam kegiatan promosi tersebut.

Pada tanggal 1 Maret 2024 kemarin, Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum, beberapa dosen dari Program Studi Agribisnis, Agroekoteknologi, dan PSDA melakukan kegiatan promosi di 3 SMU di wilayah Malang Kota dan Tumpang. SMK I Malang yang terletak di Kecamatan Janti Sukun Malang, memiliki jumlah siswa yang cukup banyak dan memilki jurusan agribisnis dan pengolahan pangan. Mereka memiliki sekitar 700 siswa dalam setiap angkatan. Ini menunjukkan SMK I menjadi potensi pasar yang besar bagi FP UTM. Di SMK I tersebut kita ditemui oleh Ibu BK dan Pak Joko selaku guru Pembina kegiatan ekstra siswa. Kegiatan yang serupa juga dilakukan di SMAN I Tumpang Malang dan SMA Diponegoro Tumpang.  Di SMA Diponegoro kita melakukan audiensi dengan sekitar 100 siswa siswi. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah pemutaran video profil UTM dan FP, penjelasan kelebihan FP UTM dibandingkan yang lain, dan berbagai fasilitas yang dimiliki. Sesi terakhir ditutup dengan tanya jawab dan pembagian doorprize bagi siswa siswi yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Berbagai upaya yang dilakukan diharapkan dapat menjadi daya ungkit calon mahasiswa baru di prodi-prodi di lingkungan FP UTM. semoga….

Leave a Reply