Agribisnis

Agribisnis

Program studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo, Perkembangan dalam masyarakat modern dapat dilihat dari dinamika pola pikir dan perubahan pemahaman sosial yang berlangsung secara cepat dan kompleks. Seiring dengan perkembangan tersebut, telah terjadi berbagai problem sosial baik di tingkat lokal maupun global, seperti kemiskinan, pengangguran, konflik dengan kekerasan, disintegrasi, dll yang muncul dan memerlukan pemecahan secara sistematis, terencana dan cepat.

Dalam konteks perkembangan yang demikian diperlukan adanya kemampuan untuk memahami secara analitis-konseptual dan agenda aksi dan kebijakan sosial yang relevan, program legislasi, dan perencanaan sosial yang bermuara pada perekayasaan sosial dalam pembangunan.

Program Studi Agribisnis merupakan wahana yang sesuai untuk memenuhi kemampuan tersebut secara lebih mendalam. Dengan fasilitas pendidikan yang memadai dan tenaga pengajar yang kompeten, akan memberikan bekal dan peluang bagi lulusannya untuk dapat memiliki pengetahuan, pemahaman dan kecakapan di bidang Agribisnis baik dalam bentuk penelitian, pengajaran maupun berbagai bentuk praktek di masyarakat.

PROFIL SINGKAT

Nama Program Studi

:

Agribisnis

Nama Ketua Program Studi

:

Slamet Widodo, SP. MSi.

Nama Sekretaris Program Studi

:

Aminah H.M. Ariyani, SP. MSi.

Alamat

:

Kampus UTM

Raya Telang, Kamal, Bangkalan

Nomor Telepon

:

+62313013234

Nomor Fax

:

+62313011506

Email

:

agribisnis@trunojoyo.ac.id

Laman

:

http://agribisnis.trunojoyo.ac.id

Bidang Ilmu

:

Pertanian

Gelar yang diberikan

:

S.P. (Sarjana Pertanian)

Deskripsi Singkat Program Studi

:

Program Studi Agribisnis merupakan salah satu Program Studi yang bernaung di Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo Madura. Ijin penyelenggaraan berdasar SK Dikti No. 1625/D/T/2003, tanggal 31 Juli 2003. Pada perkembangannya, Program Studi Agribisnis telah memenangkan program hibah kompetisi SP4 selama 2 (dua) Tahun yaitu Batch II tahun 2005 dan Batch III tahun 2006. Hibah kompetisi tersebut untuk pengembangan pengembangan sarana dan prasaran program studi yang menunjang kelancaran proses belajar mengajar.

Sebagai program studi baru, Program Studi Agribisnis dituntut untuk berpacu mengejar ketertinggalan dari program studi lain yang telah ada. Program Studi Agribisnis berusaha menciptakan ciri pembeda dari program studi yang telah ada, sehingga dapat menarik minat dari calon mahasiswa.

Visi Program Studi

:

Pada akhir tahun 2020 menjadi program studi yang mencapai standar nasional tertinggi dan unggul dalam pengembangan agribisnis yang berlandaskan etika serta berwawasan lingkungan.

Misi Program Studi

:

1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang-bidang yang mendukung pengembangan agribisnis melalui kegiatan pembelajaran yang berstandar nasional.

2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna memecahkan permasalahan di bidang agribisnis.

3. Menyelenggarakan kegiatan peningkatan capacity building masyarakat melalui pemberdayaan berbasis agribisnis dan kewirausahaan

Kompetensi Program Studi

:

Kompetensi Utama :

1. Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi serta mengorganisasikan usaha agribisnis pertanian, perikanan, peternakan serta agroindustri yang berkelanjutan dengan berlandaskan etika bisnis.

2. Mampu mengimplementasikan dan mengembangkan agribisnis berbasis pertanian berkelanjutan.

3. Mampu mengidentifikasi permasalahan, memfasilitasi, memediasi dan mengembangkan kapasitas masyarakat dalam sistem sosial, ekonomi dan nilai budaya serta kearifan lokal.

4. Mampu berpikir analitik untuk mengidentifikasi, merumuskan masalah dan akar masalah serta mencari solusi berlandaskan kaidah ilmiah.

Mampu merencanakan, menyusun dan merumuskan kebijakan pembangunan pertanian dan pedesaan berbasis agribisnis.

Kompetensi Pendukung :

1. Mampu menggunakan teknologi informasi termutakhir yang mendukung pengembangan usaha agribisnis dan pembangunan pedesaan.

2. Mampu mengkomunikasikan ide baik lisan maupun tulisan secara terstruktur, sistematis dan komprehensif.

3. Mampu melakukan telaah publikasi ilmiah yang berkaitan dengan bidang agribisnis dan pembangunan pedesaan.

Kompetensi Lainnya :

1. Mampu mengembangkan usaha kecil dan menengah berbasis industri kreatif, teknologi informasi dengan mendayagunakan potensi lokal.

2. Mampu memahami prinsip dasar penanganan hasil pertanian khususnya yang relevan dengan pengembangan agroindustri.

Situs: http://agribisnis.trunojoyo.ac.id