LATIHAN KEPEMIMPINAN MANAJERIAL MAHASISWA (LKMM) DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Kini Perhimpunan Organisasi Sosial Ekonomi Indonesia Pertanian atau yag disebut dengan POPMASEPI mengadakan Latihan kepemimpinan manajerial mahasiswa (LKMM) di Universitas Muhammadiyah Jember (UMJ). Himpunan Mahasiswa Agribisnis Pertanian (HIMAGRI) Universitas Trunojoyo Madura yang juga tergabung dalam POPMASEPI mendelegasikan Saudara Zeganata Wajdi Sidqi dan Saudari Nor Mazidah Azmi yang terlebih dahulu ditraining oleh Pengurus Harian HIMAGRI dan beberapa senior untuk ikut serta dalam acara tersebut. Selain itu para delegasi juga didampingin pengurus dari POPMASEPI itu sendiri seperti Ali Akbar Ifandi, Moh Imam Efendi dan Moh Syafrizal Fahmi yang sama-sama berangkat dari almamater yang sama. Acara tersebut berlangsung selama 5hari mulai tanggal 12-16 Februari 2013.

Acara LKMM berlangsung lancar dan seru, terbukti dari antusias dari delegasi-delegasi yang tergabung dari berbagai Almamater seluruh Indonesia untuk mengikuti acara demi acara yang dikonsep oleh panitia. Beberapa acara yang berlangsung saat itu seperti:

a)      Who Im I And Caracter Building: merupakan kegiatan memotivasi peserta LKMM untuk menemukan jatidiri dan mampu menggali potensi diri sehingga diharapkan mampu menjadi pemimpin yang baik dalam lingkup organisasi maupun kemasyarakatan.

b)      Leadership & MSDM: training yang memberikan kompetensi seluruh peserta bagaimana mengatur menjadi seorang pemimpin yang baik dalam lingkup organisasi maupun kemasyarakatan dan memberikan kemampuan untuk mengelola sebuah organisasi yang majemuk dan dinamis agar dapat merespon suatu perubahan dengan baik sehingga menjadi sebuah organisasi yang berdaya saing dan berdaya tawar tinggi serta bermanfaat bagi anggota serta masyarakat umum.

c)      Live In: kegiatan penerjunan dimasyarakat secara individu sebagai bentuk penerapan teori kepemimpinan yang diperoleh saat pelatihan. Serta bentuk kegiatan secara individu agar peserta mampu menangkap dan mempelajari permasalahan-permasalahan dalam bidang pertanian yang terjadi di masyarakat dalam kehidupan nyata.

d)     Teamwork Aplication: merupakan sebuah kegiatan outbond. Tujuannya untul meningkatkan kekompakan, solidaritas, kepekaan terhadap sesama, dan aplikasi leadership dalam menjalankan setiap kegiatan organisasi yang dilaksanakan dalam periode kepengurusannya.