Lanching S2

Pada hari Selasa, 23 Mei 2017 bertempat di Gedung Graha Utama Universitas Trunojoyo Madura dilaksanakan kegiatan Seminar Regional dalam rangka Launching Prodi Pascasarjana Pengelolaan Sumber Daya Alam (S2-PSDA). Hadir sebagai pembicara: 1) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangkalan dengan tema Potensi dan Masalah Pertanian Lahan Kering di Kabupaten Bangkalan, 2) Kepala BAPEDA Kabupaten Bangkalan dengan tema Potensi dan Masalah Sumberdaya Ekowisata, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil di Kabupaten Bangkalan, serta 3) Dr. Ir. Abdul Aziz Jakfar, MT. yang menyampaikan tentang Potensi dan Masalah Sumber Daya Energi, Minyak dan Gas di Madura.

Para peserta yang berasal dari staf dinas terkait, penyuluh dan BAPEDA sangat antusias dengan materi yang disampaikan karena menyingung keadaan riil dari potensi dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Bangkalan dan Madura umumnya terkait usaha mengelola sumber daya alam yang ada.

Prodi S2-PSDA hadir untuk menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat Madura. Sumberdaya alam yang ada di Madura baik sumberdaya pangan (jagung, ketela, sapi, rumput laut, ikan, udang), sumberdaya biofarmaka (cabe jamu, teripang, tapak liman, ramuan jamu madura), garam, pariwisata, tambang, perikanan dan kelautan belum dikelola secara maksimal. Pengelolaan sumberdaya alam secara optimal hanya bisa dilakukan jika tersedia SDM yang berkompeten untuk itu.

Dengan Launching ini maka secara resmi mulai tahun akademik 2017/2018 Prodi Pascasarjana PSDA FP-UTM menerima pendaftaran mahasiswa baru. Dengan hadirnya Prodi S2-PSDA di Madura akan memberikan ruang kepada: pejabat teknis, akademisi, dan profesional lainnya dalam rangka menjawab tantangan pengelolaan SDA secara optimal dan berkelanjutan.