LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN
KELUARGA MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Tema Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang diadaKan pada tanggal 26-27 maret 2011 adalah Menjadi Pemimpin Ideal Dalam Membangun Organisasi Yang Progresif dan Berkualitas.

Wou….., istimewa, liar dan saatnya  muda beda berbahaya, itulah kalimat yang masih ada dalam benak peserta LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan).  LDK yang diadakan oleh BEM FAPERTA UTM sabtu dan minggu kemarin. Acara tersebut merupakan program dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM )   Begitu liar dan istimewanya sekali kegiatan tersebut, karena dapat mecetak peserta-peserta yang muda beda dan berbahaya.

Kegiatan tersebut mendatangkan trainer dari Surabaya yaitu TALENT CLUB RESOURCES. Kegiatan tersebut dihadiri oleh PD II dan PD III Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura. Acara tersebut dimulai pada pukul 13.30 WIB,  PD III sekaligus membuka kegiatan trainer (LDK) tersebut, PD III menghimbau agar para peserta LDK dapat menyerap semua ilmu yang diberikan oleh para trainer club dan dapat mencetak pemimpin masa depan yang ideal dan progresif yang sesuai dengan tema LDK. Sementara PD II FAPERTA UTM memberikan materi yang pertama berupa pentingnya Manajemen Administrasi.

Acara LDK tersebut dihadiri oleh seluruh anggota BEM FAPERTA UTM dan seluruh badan kelengkapan KM-FAPERTA UTM , sehingga jumlah total sebanyak 65 peserta. Begitu keren dan istimewanya trainer tersebut karena memotivasi para peserta agar menggunakan otak kanan dari pada otak kiri. Trainer juga memberikan informasi mengenai informasi otak kanan dan kiri. Setelah materi selesai kemudian dilanjutkan dengan hipnoterapi I , dimana hipnoterapi tersebut para peserta diajak kealam bawah sadar mereka, wouuu… sungguh liar dan istimewa sekali.

Sebetulnya manfaat hipnosis untuk terapi (hipnoterapi) sangatlah besar. Berbagai masalah yang sulit diselesaikan dengan cara-cara biasa, ternyata bisa diselesaikan dengan hipnoterapi. Hipnoterapi adalah terapi pikiran yang dilakukan dalam kondisi hipnosis. Sedangkan hipnosis adalah kondisi relaksasi pikiran yang biasanya disertai relaksasi tubuh. Dalam kondisi hipnosis, pikiran para peserta LDK menjadi lebih terbuka terhadap perubahan.

******

Setelah ISHOMA selesai dilanjutkan dengan membawa para peserta kedalam antraksi yang memang liar yaitu berjalan di bara api. Wouuuu….. keren dan istimewa sekali. Antraksi lainnya yang dilakukan adalah pemecahan  kramik dengan bola lampu secara logika itu tidak mungkin akan tetapi para peserta LDK dapat melakukannya.

Hari kedua, trainer membawa para peserta ke alam bawah sadar yang ke II. Para peserta diajak ke tahun 2008 untuk keliling melewati tembok raksasa yang ada di Beijing sana, kemudian diajak ke arena olimpiade khusus orang-orang cacat dimana tiket masuk ke arena tersebut sebesar Rp.28.000.000,-, ou… menakjubkan peserta terharu melihat pertandingan tersebut. Setelah itu para peserta diajak kerumah peserta masing-masing, untuk menjenguk orang tua mereka karena perjuangan orang tua sangat besar sekali. Para peserta menangis, bersujud, meminta maaf pada kedua orang tua mereka. “Dua hari bersama para trainer sangat berkesan dan memberikan banyak motivasi sehingga menciptakan output yang mempunyai jiwa leadership yang kuat dan handal” kata Ketupel LDK.

Menurut Gubernur FAPERTA UTM,” harapan kedepannya dengan adanya LDK ini adalah Mahasiswa Pertanian meiliki jiwa kepemimpinan yang ideal dan juga memiliki semangat dalam membangun keseimbangan antara organisasi dan akademik, dan mampu menjalankan manjemen organisasi secara progresif dan berkualitas”. Sedangkan harapan trainer, semoga peserta LDK dapat fokus dan menjadi Mahasiswa yang muda ,beda , berbahaya.

Berkat LDK tersebut para peserta diharapkan menjadi insan yang “muda beda dan berbahaya” tanda kutip. Akhirnya Latihan tersebut berakhir dengan materi dari para senior dan alumni FAPERTA UTM. Semoga dengan adanya Latihan Dasar Kepemimpinan dapat mencetak Mahasiswa-Mahasiswa yang “muda beda berbahaya” dan sesuai dengan keinginan para Dekanat Fakultas Pertanian. (KADEP. KOMINFO BEM FAPERTA UTM)