Tanggal 27-28 Maret 2010 bidang kemahasiswaan mengadakan Latihan Diklat Kepemimpinan. Tema diklat kepemimpinan ini adalah “Implementasi diri melalui pengembangan spirit leadership sebagai kader organisasi yang profesioanl menuju Agriculture Faculty yang progresif dan dinamis”. Peserta Diklat Kepemimpinan ini semua pengurus badan kelengkapan mahasiswa di fakultas Pertanian yang mencapai 140 orang. Badan kelengkapan yang ada di fakultas pertanian terdiri dari 12 organisasi, yaitu : BEMFP, DPMF, HIMAGROTEK, HIMALA, HIMATIPA, HIMAGRI, UKMF PORGARTA, UKMF ALIPI, UKMF DAUN, UKMF MARDIK, UKMF PENALARAN, UKMF VIPER.

Mahasiswa tidak hanya mempunyai kebutuhan untuk menguasai bidang ilmu yang dipelajarinya di bangku kuliah, tetapi juga membutuhkan kemampuan lain yang dapat mengembangkan dirinya dalam menghadapi dunia di luar kuliah. Softskill mahasiswa merupakan salah satu kemampuan yang sangat mendukung keberhasilan mahasiswa baik selama kuliah maupun setelah kuliah. Salah satu softskill yang dibutuhkan mahasiswa adalah jiwa kepemimpinan. Dengan kemampuan kepemimpinan mahasiswa diharapkan tidak hanya mampu memimpin dirinya mencapai kesuksesan pribadi tetapi juga membawa kesuksesan bagi teman-temannya yang lain. Kemampuan kepemimpinan perlu dilatih baik secara formal dalam bentuk pelatihan kepemimpinan ataupun praktis melalui aktif dalam organisasi kampus.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memeberikan bekal jiwa kepemimpinan Mahasiswa yang diharapkan dapat diterapkan di organisasi kemahasiswaan dan setelah kuliah nanti. Kegiatan bekerjasama dengan dengan MCC (Muslim Cendekia Center).  MCC atau lebih akrab dengan MC Square merupakan Lembaga Training Terpadu Independen yang bergerak di bidang peningkatan iman dan intelektualitas muslim.  Bentuk kegiatan diklat ini berupa training (indoor dan outdoor/outbond).